Langkah Merakit PC

Untuk proses perakitan pc antara lain : – Mempersiapkan motherboard yang akan di rakit – Memasang procesor pada motherboard – Memasang heatsink atau pendingin – Memasang bagian memory – Memasang morherboard yang sudah lengkap ke dalam rangka casing – Memasang Drive – Memasang media untuk perangkat luar – Finishing

1.Meletakan Mother Board Tahap awal dalam merakit pc adalah persiapkan motherboard pada tempat yang di anggap aman,pastikan diletakan di tempat yang tidak lembab agar tidak merusak motherboard.
2.Pemasangan procesor Untuk pemasangan procesor,ada baik nya anda mempelajari slot nya terlebih dahulu.Lihat tanda yang terdapat pada processor agar tidak terjadi kesalahan.pastikan pula processor yang anda pasang sesuai dengan spesifikasi mother board.
3.Pemasangan heatsink/pendingin Untuk pemasangan heatsink,biasa nya diletakan di atas processor atau dibelakang rangka.Ini bertujuan untuk membuang udara panas dari procesor
4.Pemsangan RAM Untuk memasang ram harap diperhatikan slot yang berada pada motherboard.banyak jenis untuk ram,antara lain DDR1,DDR2,DDR3.Yang pasti memiliki bentuk yang berbeda.
5.Meletakan Motherboard pada rangka casing Untuk meletakan motherboard pada rangka casing,harap diperhatikan dudukan nya antara logam dan plastik.untuk dudukan logam biasanya ditandai dengan cincin di tepi tulang nya.
6.Cocokan port yang berada pada motherboard pada lubang agar berada diluar,biasa nya berupa port usb,pcie.agar dalam pemasangan monitor dan peramgkat luar,tidak perlu membuka casing.
7.Pasang baud agar kencang pada lubang yang sudah disediakan
8.Pasang power suply pada kotak yang terdapat di casing,dan colokan kabel suply listrik pada motherboard CD,dan hardisk
9.Pasang Hardisk ditempat yang disediakan,biasa nya berada di bawah cd,
10.Pasang VGA (Virtual graphic adapter) pada slot di motherboard,silahkan lihat buku petunjuk untuk letak slot nya.namun ada juga VGA yang berjenis onboard.berarti VGA sudah tertanam didalam motherboard.

Finishing: – Pasang penutup rangka casing dan di kencangkan dengan baut, – Colokan monitor pada port VGA yang berada di belakanh casing – Pasang port mouse pada port usb sebagai alat navigasi,ada juga mouse yang memiliki port pcie – Colokan soket speaker pada soket yang tersedia di motherboard,bisa nya berwarna merah dan hijua.

Lakukan pengujian,antara lain : 1.Hidupkan pc dan monitor,dan perhatikan tamppilan monitor dan suara pada speaker 2.Jika terjadi kesalahan pemasangan,akan terdengar bunyi beep yang berturut-turut.Bila itu terjadi,segera periksa kesalahan pemasangan tersebut. 3.Jika diyakini tidak ada kesalahan,anda sudah dapat menginstal sistem operasi dan meggunakan pc tersebut
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar