Konfigurasi VoIP di Debian 7





1.     Pengertian VoIP

Voice over Internet Protocol adalah Teknologi yang menjadikan media internet untuk bisa melakukan komunikasi suara jarak jauh secara langsung. Sinyal suara analog, seperti yang anda dengar ketika berkomunikasi di telepon diubah menjadi data digital dan dikirimkan melalui jaringan berupa paket-paket data secara realtime.
Dalam komunikasi VoIP, pemakai melakukan hubungan telepon melalui terminal yang berupa PC atau telepon biasa. Dengan bertelepon menggunakan VoIP, banyak keuntungan yang dapat diambil diantaranya adalah dari segi biaya jelas lebih murah dari tarif telepon tradisional, karena jaringan IP bersifat global. Sehingga untuk hubungan Internasional dapat ditekan hingga 70%. Selain itu, biaya maintenance dapat di tekan karena voicedan data networkterpisah, sehingga IP Phone dapat di tambah, dipindah dan di ubah. Hal ini karena VoIP dapat dipasang di sembarang ethernet dan IP address, tidak seperti telepon konvensional yang harus mempunyai port tersendiri di Sentral atau PBX (Private branch exchange).

2.     Fungsi VoIP

1.    Signalling = Signalling berfungsi untuk menangkap jaringan yang dituju, sehingga dapat melakukan inisialisasi (penyampaian) pesan/percakapan.
2.    Database Service = Layanan database adalah salah satu fungsiVoIP dalam mencari tujuan akhir/endpoint yang harus dituju, sekaligus sebagai penerjemah alamat yang biasanya digunakan dalam duajaringan yang berbeda.
3.    Call Connect/Disconnect (Bearer Control) = Bearer Control memungkinkan si penerima panggilan dapat memutuskan panggilan/menerima panggilan.
4.    Codecs Operations = Berguna sebagai coder ataupun decoderdalam pengubahan/transmitted suara menjadi sinyal digital/paket data ataupun sebaliknya.

3.     Cara Kerja VoIP

Prinsip kerja VoIP adalah mengubah suara analog yang didapatkan dari speaker pada Komputer menjadi paket data digital, kemudian dari PC diteruskan melalui Hub/RouterADSL Modem dikirimkan melalui jaringan internet dan akan diterima oleh tempat tujuan melalui media yang sama. Atau bisa juga melalui melalui media telepon diteruskan ke phone adapter yang disambungkan ke internet dan bisa diterima oleh telepon tujuan.
Untuk Pengiriman sebuah sinyal ke remote destination dapat dilakukan secara digital yaitu sebelum dikirim data yang berupa sinyal analog diubah ke bentuk data digital dengan ADC (Analog to Digital Converter), kemudian ditransmisikan, dan di penerima dipulihkan kembali menjadi data analog dengan DAC (Digital to Analog Converter). Begitu juga dengan VoIP, digitalisasi voice dalam bentuk packets data, dikirimkan dan di pulihkan kembali dalam bentuk voice di penerima. Format digital lebih mudah dikendaika, dalam hal ini dapat dikompresi, dan dapat diubah ke format yang lebih baik dan data digital lebih tahan terhadap noise daripada analog.

4.     Alat dan Bahan

Beberapa alat dan bahan yang digunakan untuk melakukan instalasi dan konfigurasi VOIP yaitu :
1.    3 Personal Computer (1 PC Server & 2 PC Client)
2.    Software Debian 7 DVD 1 & 2 (.iso)
3.    Software Zoiper (.exe)
4.    Media penghubung

5.     Konfigurasi Arterisk Pada Debian (Server)

1.      Setelah selesai melakukan proses instalasi dan masuk sebagai user root langkah selanjutnya yaitu kita melakukan konfigurasi IP Address yang nantinya akan kita gunakan untuk menghubungkan PC/laptop (server) dengan PC/laptop (client). Untuk melakukan konfigurasi IP Address ketikan perintah nano /etc/network/interfaces.

2.      Agar konfigurasi IP Address yang kita lakukan terupdate, sekarang kita melakukan restart networking. Untuk melakukan restart networking ketikan perintah service networking restart.

3.      Untuk melihat hasil konfigurasi IP Address yang kita lakukan, ketikan perintah ifconfig.

4.      Karena packet VOIP pada debian terletak pada packet asterisk, maka langkah selanjutnya adalah melakukan instalasi asterisk, untuk melakukan instalasi ketikan perintah apt-get install asterisk.

5.      Tunggu sampai proses instalasi asterisk selesai, apabila tampilannya seperti gambar di bawah ini, maka asterisk berhasil di install pada server yang anda buat.

6.      Langkah selanjutnya adalah konfigurasi asterisk pada debian, yaitu kita akan menambahkan user/account dari server voip yang kita gunakan. Untuk melakukan konfigurasi dan menambahkan account ketikan perintah nano /etc/asterisk/sip.conf.

7.      Kemudian kita akan menambahkan extension dari user/account yang sudah kita buat. Untuk menambahkan extension lakukan konfigurasi pada file nano /etc/asterisk/extension.conf.

8.      Setelah melakukan konfigurasi langkah terakhir yaitu melakukan restart pada packet yang kita konfigurasi, agar konfigurasi yang kita lakukan terupdate/sukses. Untuk melakukan restart packet asterisk ketikan perintah service asterisk restart.


6.      Konfigurasi Zoiper (Client)
1.    Setelah menambahkan acount baru sekarang kita akan memasukan acount tersebut pada client yang kita buat menggunakan software ZOIPER (windows). Sebelum melakukan konfigurasi pada software Zoiper pastikan terlebih dahulu antara server dengan kedua client sudah terhubung. Kemudian buka software Zoiper pada bagian atas pilih settingkemudian klik create new acount.

2.    Akan muncul jendela baru, pilih type akun yang anda gunakan.

3.    Tambahkan dan masukan account/user VOIP yang sudah anda buat pada masing-masing client (lakukan pada kedua PC/laptop client).
a.    Client 1

b.    Client 2

4.    Masukan account name, pada langkah ini account name bisa anda ganti atau bisa anda biarkan default.

5.    Tunggu proses konfigurasi dan otentikasi account yang anda tambahkan selesai.

6.    Apabila penambahan account berhasil akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.


7.    Hasil
1.    Pemanggil

2.    Hasil pemanggilan dari client 1 ke client 2 (pemanggil)

3.    Hasil pemanggilan dari client 1 ke client 2 (penerima)
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar